Libur Panjang Kemarin

Yaayy libur panjang kemarin bener-bener santai. Hari Kamis, abis shoat shubuh gue berencana mau tidur lagi, karena kalau hari biasa, habis sholat, langsung mulai beres-beres, nyiapin sarapan buat anak plus suami dan bekal anak gue, mandi, trus langsung nganterin anak sekolah. Tapi Kamis ini  gue udah ngayal, mau tidur sampe jam 9, trus mau nonton tivi, baca buku, tidur lagi seharian. Baru mulai merem tiba-tiba suami gue bilang kalau jam 11 teman-teman dia dari club mobil pada mau datang ke rumah. Katanya mau bakar ikan. Gak tanggung-tanggung mereka semua bawa keluarga, kira-kira 7 keluarga yang bakal datang. Denger akan ada tamu sebanyak itu, langsung deh gue gak jadi ngantuk, gimana mau tidur lagi, kalau ada 7 keluarga termasuk anak-anak yang mau dateng. Gue langsung deh misuh-misuh ke suami, mbok ya kalau mau bikin acara jauh-jauh hari dikasih tauin ke gue, jadi kan gue bisa siap-siap. Tapi ya bapak ini dengan santai bilang, tenaaanggg ikannya udah ada yang bawa, kita cuma nyiapin nasi putih sama sambel aja. Lagian kalau buat acara pake rencana kebanyakan gak jadinya. Dan ternyata bukan cuma nasi putih aja yang mesti kita siapin, kita ternyata gak punya panggangan, gak punya cabe buat nyambel, gak punya bumbu ikan bakar, gak punya lalapan dan gak punya lain-lainnya. Gimana mau nyantai sih pak?? Akhirnya gue geret deh suami ke pasar. Di pasar keliling-keliling sekitar 2 jam, ya karena pake acara sarapan segala. Sampai di rumah, dibantu sama mba di rumah, langsung masak nasi 1 dandang, bikin sambel satu mangkok besar, bikin tahu tempe bacem, nyiapain lalapan, plus kerupuk. Tadinya mau buat es melon juga eh ternyata udah ada yang mau bawa, ya udah gak jadi.

Jam 11 tamu belum ada yang menunjukan batang hidungnya. Gue udah bola balik nanya, ‘mana tamunya kok belom pada dateng sih..’. Jam 12 suami gue bilang kalau temennya yang mau bawa ikan gak jadi dateng karena tiba-tiba harus ke kantor…..* AAPPPAAA… trus itu nasi 1 dandang, sambel 1 mangkok besar, tahu tempe 1 pring besar sama lalapan senampan mau diapain???* masak tamu cuma disuguhin tahu, tempe, lalapan aja. Beteeee banget lah gue, langsung deh gue nyerocos, udah deh gak usah ikutan club-club segala kalau orangnya pada gak bisa nepati janji. Lagian masak seenak udel gitu aja sih batalin janji? terus, kalau yang mau bawa ikan gak jadi datang, ya udah ikannya dititipin aja,,hahahha *lagi marah-marah ternyata gue masih aja ngarepin ikan*

Ternyata kita berdua diboongin. Jam 1 rombongan sirkus  temen suami gue pun datang. Siaullll. Dan yang ditunggu-tunggu pun ternyata jadi datang, yaitu si ikan kakap merah dan kakap putih yang masih seger-seger, malah cenderung masih hidup karena masih gerak-gerak. Gak kira-kira, bawa ikannya banyak banget, mungkin sekitar 20 ekor…mantapppp. Langsung deh ikan-ikan itu disembelih *kok disembelih ya*, dicuci, trus dikasih bumbu. Sewaktu mau dibakar ternyata hujan turun lebat banget, wah pas banget lah suasananya. Tapi ternyata yang bawa ikan ternyata nggak bawa arang buat bakar, *net not… * Padahal pas di pasar gue udah ngingetin suami buat beli arang, tapi suami bilang kayaknya arangnya udah dibawain sama yang bawa ikan. Emang ya feeling seorang istri tuh tajem banget… Lalu nelpon teman suami yang masih dalam perjalanan menuju rumah gue, minta tolong agar dia mampir ke pasar atau warung buat beliin arang. Udah lama-lama nunggu, pas dateng ternyata arang yang dia bawa cuma 2 pelastik kecil *jderrrr*. Ya ampuuunn mau makan gretongan aja perjuangannya berat ya kakak…

Setelah cari-cari, dapet juga arangnya, malah kebanyakan. Lalu mulai deh bakar-bakar. Ikan yang ada pun nggak semunya di bakar, sebagian ada yang di goreng, sebagian lagi di buat sop ikan. Sambil nunggu ikan matang, kami pun nyanyi-nyanyi (kecuali gue suami gue, dan satu teman gue). Kebetulan ada satu teman suami yang bawa keyboard. Sambil bakar ikan kamipun ditemani tembang lawas dari Koes Ploes, Ermy Kulit atau Rinto Harahap *cekikikan dari balik pintu* Jadi nih, temen club mobilnya suami gue itu ternyata udah pada tuir-tuir…hahahaha.. Gue tuhh sampe heran, bisa-bisanya suami gue temenan sama anak ABG *Angkatan Babe Gue* Paling muda kayaknya ya suami gue n satu temanya itu, yang lain udah 40 tahun ke atas, pokoknya antik deh.

Akhirnya semua masakan matang. Dan memang ikan yang masih fresh itu enakkkkk banget. Gue yang biasanya kalau makan seafood suka langsung gak enak badannya karena alergi, kemarin gak ada keluahan sama sekali. Sop ikan yang dulu-dulu gue gak pernah tertarik buat mencoba karena males kalo amis, ternyata kemarin tuh segeeerr banget. Ikan gorengnya juga gitu, garing di luar dan lembut di dalem *kayak iklan apa ya* Ikan bakarnya juga maknyussss, apalagi dimakan pake sambel,beeeuhhhh..merem melek deh. Pokoknya semua makan dengan lahap. Sampe temen anak gue yang lagi maen ke rumah aja minta nambah berkali-kali, padahal biasanya dia itu susaaaahhhh banget makannya. Habis makan, kegiatan selanjutnya kita bikin arisan dan  nyanyi-nyanyi lagi, daan lagu-lagunya ya lagu lawas lagi..hahahhaa. Tiba-tiba tetangga gue yang beda blok dari gue sms ‘mba, aku boleh request lagu korea gak hihihihi’ …hahahaha.. langsung deh gue jawab ‘maaf mba, temen suamiku angkatan kuda gigit besi semua, belom pada kenal Gangnam Style’. Yaa ampuunn, ternyata para ‘ABG ini nyanyinya pada kenceg-kenceng ya…😀

Akhirnya selesai juga acara bakar ikan hari itu. Setelah magrib semua pada langsung pamit, sebelumnya mereka pun bantu-bantu beres-beres dan bersih-bersih garasi tempat bakar ikan. Pokoknya hari ini semua senang, bisa ngobrol, ketawa-ketawa, nyanyi-nyanyi dan yang pasti perut kenyang.. Dan ternyata, hasil dari kocok arisan, suami gue yang narik arisan. Alamat bulan depan rumah gue bakal ketempatan lagi deh dan bakal denger lagu lawas lagi deh..hahahaha

Selamat Tahun Baru Islam 1434 H…

2 thoughts on “Libur Panjang Kemarin

  1. wuiiiidiiiih… bisaan banget ya ngumpul dadakan gitu. Tapi emang sih ya, seringnya yang dadakan itu yang jadi, tapi kalo di rencanain lama adaaaa aja alasan gagalnya.. *sigh*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s