Kecele Ente…

Jadi kira-kira tiga minggu lalu pas hari Sabtu kita ada undangan arisan bulanan klub ABG. Nah karena saat itu gue lagi bantuin suami nyusunin referensi buat thesis dia (baik banget kan gue..), maka gue memutuskan gak ikut, karena thesis ini hari Senin sudah harus disubmit. Tadinya suami juga mau gak pergi, cuma dia ngerasa gak enak aja, masak waktu kita ngadain arisan di rumah bulan Desember lalu mereka datang ke rumah kita, tapi giliran mereka ketempatan kita gak datang? Suami bilang kalau acaranya bakal diadain di pemancingan, yang mana habis mancing mereka bakal makan-makan ikan hasil tangkapan mereka. Sebenernya gue pengen banget ikutan, penasaran juga mancing tuh kayak gimana, abis kalo gue perhatiin kayaknya orang mancing tuh kayak buang-buang waktu aja gak sih, mending beli aja tuh ikan di pasar, beres kan? *toyor gue*

Jam sebelas siang suami pun pergi, dan gue kembali berpesan, cepet pulang, jangan kelamaan ‘ngedongeng’ di tempat arisan, apalagi kalau udah ngomongin mobil, bisa kali seminggu gak berenti-berenti, dan gue selanjutnya sibuk dengan urusan referensi. Waktu suami minta tolong nyusunin referensi gue sempet heran juga dan nanya sama suami kenapa waktu nulis thesis referensinya gak sekalian di tulis juga di halaman yang lain, eh dia bilang lupalah, buru-buru lah zzzzzzzz… emang deh lupa adalah jawaban paling gampang..

Jam 5 akhirnya suamipun pulang. Sore itu kebetulan ada teman si Aisyah lagi main. Pas suami pulang gue lagi cuci piring. Dari dapur gue denger suami bilang kalau dia bawa ikan. Yesss asik nih, makan ikan goreng atau ikan bakar kata gue dalem hati.

Gak lama si Aisyah dan temannya ke dapur ngasih gue pelastik hitam.

“Ma, ini ikan dari papap”

“Yeyyy,,, asiikk kita makan ikan” sambil gue megang pelastik item tersebut. Pas gue pegang masih berasa anget gitu, wahh ikannya berarti baru mateng nih, duh suami baik bener yak, bawain ikan goreng/bakar, kata gue dalem hati. Langsung gue ajak anak-anak makan bersama-sama dan mereka langsung bersorak gembira.

Gue lalu mengambil piring buat wadah ikan. Kemudian mulai deh tuh gue buka pelastiknya. Dan pas gue buka, gue harus melihatnya berkali-kali biar lebih yakin, karena ternyatanya ikannya masih ada matanya, dan masih utuh dalam bentuk ikan yang sebenernya seperti baru habis dipancing. GUBRAAAAAKKKK…

Langsung deh, tensi gue naik jadi 180 dan langsung teriak ke suami yang lagi ngaso,

“Pap, kok bawa ikan mati sihhh !!!” maksud gue  kok belom dimasak ceunah…

“Ihhh nggak mati kok, tadi pas dibawa masih idup..”

Dooeeeennng, Jaka sembung bawa ikan, kagak nyambung kaannnnn…

Ihh gw keseelll banget…. secara suami tadi abis seneng-seneng, eh dia pulang malah bawa kerjaan lagi.

Lagi gue misuh-misuh gitu, eh anak-anak malah langsung penasaran pengen ngeliat gimana tampang si ikan yang masih utuh itu, ya pengen liat ya pengen megang, huhhh.. Gak tau apa ya gue yang udah ngiler langsung gondok begini. Udah gitu namanya anak-anak, bukannya simpati dengan kekesalan gue eh malah juga ribut-ribut samil bilang ‘yaaa gak jadi deh kita makan ikan..’

Karena salah satu naluri ibu-ibu yang langsung bisa men-switch emosinya, maka langsung deh gue bilang ke anak-anak, ‘Ok, sabar ya, mama bersihin dulu ikannya, kasih bumbu terus kita goreng, pokoknya kalian abis ini makan ikan goreng deh, mau kan??’ Dan mereka pun langsung bersorak gembira kembali.

Kemudian ikan itu gue keluarin dari pelastik, ambil pisau dan mulai membersihkan ikan tersebut. Gue udah punya bayangan kayaknya gampang lah motong/belah ikan, secara gue sering banget ngeliat si abang belah ikan atau waktu nonton masterchef, gampang lah pokoknya. Apalagi ikan gue ini gak besar kok, jenisnya Bawal Darat pula, tinggal belah lebar aja, gampang kan.

Gampang dari Hongkong?

Ikan itu emang gampang dibelah kalau pisau yang elo punya juga mendukung. Tukang ikan kalau pisaunya gak tajam dan gak memliki berbagai jenis pisau mending gak usah jualan aja deh lo. Pisau di rumah gue, ya ampunnn,, buat ngebuang sisik ikan aja gak mampu! apalagi mau belah lebar ikan? Gue coba berkali-kai gak gak bisa, mau buang sirip ikan aja gak putus, jangankan putus robek aja enggak.. Tambah spaneng kan gue. Udah gitu si Aisyah pake acara mau coba ngebelah itu ikan, yeeee. Dan ngeliat gue misuh-misuh sama  pisau yang udah harus pensiun itu dia malah nyarain pake golok aja.. wkwkwkkw… kenapa gak pake gergaji aja ya nak sekalian, kata gue dalem hati.

Ngeliat gue yang lagi berusaha gitu dan gak bisa-bisa, langsung deh si Aisyah ngomong ke bapakya,

“Pap, kasian deh tuh mama, gak bisa motong ikan”

Laki gue yang lagi santai-santai cuma ngomong

“Masak orang perempuan gak bisa belah ikan..”

*langsung nguber suami sambil bawa golok.

Dan akhirnya gue pun nyerah. Ikan sebanyak empat ekor itu lalu gue kasih dengan ikhlas ke pegawai warung gue. Tadinya mereka mau motongin aja terus ngasih balik ke gue, tapi gue pikir gak usahlah, buat mereka aja, biar mereka senang. Lalu setelah gue tenang gue ngomong ke suami, kok bukan bawa ikan mateng sih, harusnya di tempat pemancingan juga udah ada orang yang bertugas bersihin dan motongin, jadi sampe di rumah bisa langsung dimasak,  tapi ya udah lah, belom rejeki kita buat makan ikan hari itu. Akhirnya setelah ngobrolin tentang ikan, pisau, gue pun minta dibeliin pisau kalau suami lulus sidang.

“Iya gampang.. Entar dibeliin pisau baru.” kata suami.

“Tapi, gue mau yang satu set ya, mahal loh harganya”

“Hah emang berapa?”

“Mungkin sejutaan..”

“Lohhh bukannya pisau yang biasa dijual sama abang-abang keliling itu ya…”

“PAPAAPPPPPPP…”

*Update

Alhamdulillah suami lulus sidangnya, Alhamdulillah dapet dual degree, semoga berkah ya suami..

Sampe sekarang gue belom punya pisau baru, karena suami masih harus ngurusin buku thesisnya dulu sampai minggu ini.

5 thoughts on “Kecele Ente…

  1. Taaaa, kalo ngomongin soal piso gue semangat banget deh. Piso tumpul emang bikin hidup kerasa lebih berat. Gue seneng banget ngeliatin piso2 bagus kaya merk wusthoff, global atau kai, tapi kalo mau beli mikir juga yeee liat harganya. Walopun yah, investasi banget sebenernya punya piso bagus, kegiatan masak2 jadi lebih cepet.

    di sini ada juga gunting khusus buat nyiangin ikan, soalnya orang sini demen mancing sih ya, jadinya perlu banget punya gunting beginian. Kalo kata tukang ikan sih, lebih gampang ngerjain ikan pake gunting daripada piso. Gue udah ngiler aja mau beli guntingnya, tapi kagak pernah juga sih gue beli ikan utuh gitu. Takut boook.

    • Haaa iya bener Ka, piso bagus bikin nyaman, serasa kayak koki handal yak, walaupun sama gue paling banter buat nge-gebrak bawang putih..:-D

      Iya tuh harga piso bisa mahal gitu, bisa-bisa bakalan jadi produk gagal deh, produk gagal gue beli maksudnya…hehehe

      Udah pernah mancing belom Ka di sana?

  2. Huaaah.. Emang tuh, piso penting banget ya buat masak2.. Gw cuma punya 1 piso global yg dibeli pas diskonan.. Disayang2 banget.. Eh waktu nyokap dateng, dipake buat ngehajar tulang ayam dooong.. Mau nangis darah rasanya ngeliat pisonya bopel gt sekarang..

    Kl soal ikan, sempet sekali bersihin sisiknya… Huhuhu terbang2nya bikin stress.. Abis itu selalu cari yg udh bersih aja..

    • aiiihh sayang amet Be pisonya jadi bopel, udah dilembiru ajah..:-D, gue kalo punya piso bagus pasti bakal dieman-eman juga, n gak boleh sembarang orang yang boleh pake,,hihiihi

      Iya ya, yang namanya ngeberesin ikan tuh malessss banget, pokoknya harus udah bersih n udah dipotongin..

Leave a Reply

