Homemade Lunch Day #1 (Sushi Tuna Goreng)

Daripada bingung mau posting apaan akhirnya gw beranikan diri buat posting homemade lunch nya si Aisyah. Seperti cerita sebelumnya ni bocah udah enggak mau makan catering sekolah atau catering dari orang tua murid, pokoknya harus emaknya dewek yang masak. Tadinya gw udah mikir males amet yak, apalagi prinsip gw kalo ada orang yang mau direpotin ya udah ngapain juga gw repot, ya nggak? #belagu.

Lalu pas liburan kemarin gw sama Aisyah cek-cek di internet kira-kira menu makan siang apa nih yang ok, tapi kok gw enggak sreg. Enggak sreg karena masih males sih sebenernya😀

Akhirnya, hari sekolah pun tiba, hari pertama Aisyah cuma gw bawain nasi sama gulai ikan tuna  doang, ya ampuunn gak kreatip amet yak? Eh tapi enggak usah ngebayangin gue pake acara ngupas-ngupas bawang, giling-giling itu cabe, jahe, laos dan kunyit ya, enggak sama sekali. Jadi buat dapetin bumbu gulai ikan yang enak menurut lidah gw dan keluarga, gw mesti ke pasar modern BSD. Di situ ada uni-uni yang jual segala macam bumbu ‘sagala ayak’ baik yang masih dalam bentuk aslinya atau udah dalam bentuk halus, seperti cabe halus, bawang halus, jahe kunyit laos halus. Selain itu si uni-uni ini juga bisa ngeracikin bumbu apa yang kita mau masak. Sebut aja bumbu buat ayam goreng, bumbu empal daging, bumbu ikan goreng, rendang, gulai, opor kuning, opor kuning sampe kerecek. Kerecek? Bukannya itu masakan Jawa ya?. Nah di rumah gw tinggal cemplungin aja nih bumbu dengan lauk yang mau gw masak, trus tinggal dimasak bentar, jadi deh. Bumbu yang dijual si uni-uni ini juga enggak pake mecin, jadi cuma dikasih garam aja, udah gitu dia juga bilang kalo ini memang bumbu asli engga ada tambahan apapun juga, jadi aman lah, dan juga membantu sangat buat para pemula yang lagi pengen serius masak.😀

Balik lagi ke laptop, pulang anter Aisyah sekolah gw udah mikir lagi, besok ini anak mau dibawain apa ya? Sampai di rumah pas lagi liat-liat FB ternyata ada temen gw yang posting foto menu makan siang anaknya hari itu, temen gw hari itu bikinin sushi isi sosis buat anaknya. Langsung ada lampu bersinar di kepala gw, okey deh besok gw bikinin Aisyah sushi isi ikan tuna goreng aja deh. Selamettt…Gw kagak usah mikir lagi mau masak apa besok pagi. Pulang sekolah mampir ke swalayan beli nori dulu.

Dan akhirnya hari Rabu Aisyah gw bawain sushi. Sushi yang simpel aja. Kebetulan ada sisa gulai ikan tuna 2 potong. Pagi-pagi gw goreng ikannya sampe kering, lalu dicacah kecil-kecil, taro di atas nasi anget, dan terakhir digulung pake nori. Nori yang gw pake produknya “kesukaan si mama” karena selain udah ada halal MUI nya, ukuran lembaraannya udah pas buat ditaro nasi kurleb satu sendok teh. Hari itu Aisyah gw bikinin 11 potong, dan Alhamdulillah habis dia makan,,, senanngggg

Sayang gw lupa fotonya, besok-besok mau gw foto ahhh

Resep Sushi Tuna Goreng :

Lembaran Nori

Nasi Anget

Ikan Tuna goreng yang udah dicacah kecil-kecil. (Ikan tunanya sebelum digoreng biasanya gw bumbuin dulu, bumbu beli di uni-uni, terus diungkep)

Kecap asin

Cara :

Susun nori, lalu nasi anget kurleb satu sendok teh, sesuain aja dengan ukuran lembarang nori, ikan tuna cacah, lalu gulung. Atur di tempat makan. Sajikan dengan kecap asin.

Leave a Reply

