Homemade Lunch Day #2 (Chicken Steak)

Waktu hari Rabu gw bikin sushi, ternyata temen gw, si ummi Lulu, posting chicken steak buat menu makan siang anaknya. Wah lampu di kepala gw tambah terang. Langsung gw bilang ke dia kalau tiap hari aja deh dia posting menu makan siang anaknya, jadi gw tinggal contek buat makan siang Aisyah besok harinya. Dan dia ternyata enggak keberatan sama sekali, malah dia langsung kasih resep chiken steak buatan dia, dan ternyata gak sesusah yang gw bayangin. Selama ini gw kalo ngebayangin bikin steak hasilnya kalo enggak gosong ya kering.šŸ˜›. Udah kalah sebelum berperang nih tante.. Dan tadi pagi akhirnya jadi juga nih chix steaknya. Untuk rasa yaa semoga enak dan mateng, karena gw lagi puasa jadi enggak tau deh rasanya, tapi selama gw ngikutin step-stepnya ummi Lulu, kata dia sih enakk dehhh..

Nah sekarang udah gw foto nih si chicken steak nya.

chix steak perdana nih.. semoga enak la yau..

chix steak perdana nih.. semoga enak la yau..

Resep Chicen Steak ala ummi Lulu (Bisa diganti daging has dalam)

Bahan :

*Kentang potong panjang, cuci 2-3 kali supaya tidak gosong ketika digoreng.

*Sayuran, jagung, rebus 5 menit dengan sedikit garam, sisihkan. Sayurannya sih bebas, mau buncis, wortel, brokoli, terserah aja.

*Daging has dalam / fillet dada ayam 1/4kg. (Gw pake fillet ayam yang udah dipotong-potong).

*Bawang putih 4 siung

*Kecap manis

*Garam dan merica

*Bawang bombay cincang

Cara :

*Haluskan bawang putih, 1 sdt merica, kecap manis agak banyak, jika berkenan tambahkan kaldu blok (gw gak pake)

*Pukul-pukul dagingnya sambil dilumuri bumbu halus dan kecap, diamkan 1 jam (kalo gw semaleman simpen di kulkas, abis males banget kalo besok pagi-pagi kudu ngegebukin ayam. :-D).

*Setelah 1 jam siapkan teflon dan 2 sdm mentega. Masak dagingnya dengan api kecil hingga kaldunya keluar, tampung kaldu dalam mangkok, bolak-balik hingga kecoklatan dan sedikit gosong agar terkesan dibakar.

*Angkat dan sisihkan.

*Teflon tempat memasak daging kita beri mentega lagi kurleb 2 sdm. Tambahkan kaldu yang kita dapat dari memasak daging (cuma sedikit dapetnya), masukan bawang bombay cincang,

*Sementara itu siapkan 1 gelas air putih matang, 2 sdm maizena dan 3 sdm susu kental manis putih.

*Setelah bombay harum masukan campuran air dan susu,Ā sedikit merica dan garam. Lalu masukan campuran air dan tepung maezena sedikit-sedikit sampai kekentalan yang diinginkan sambil terus diaduk-aduk.

Siapkan di piring, daging, sayuran, kentang, siram flanya di atas daging, plus saos tomat, saos sambal dan salad dressing.

Mari makan siang…

4 thoughts on “Homemade Lunch Day #2 (Chicken Steak)

Leave a Reply

