Chef Gadungan

Postingan berikut cuma mau cerita pengalaman-pengalaman bikin kue yang kurang sukses. Awal-awal gw ng-baking pasti gw akan membaca petunjuknya dengan benar. Bahan-bahan apa yang harus dipakai dan berapa ukurannya harus sama, enggak boleh kurang sedikit atau kelebihan. Waktu kue di dalam oven pun gw harus ikutin peyunjuk dengan benar, kalau kata resep “masukan ke dalam oven selama 30 menit” ya harus 30 menit, kadang udah 30 menit kok masih lembek ya, akhirnya dimasukin ke dalem oven lagi dan ternyata pas keluar jadinya kering banget.😛

Tapi makin kesini, ngerasa udah “bisa”, kadang suka melanggar aturan itu. Kayak urusan masukin oven di atas atau yang harusnya di mixer sebentar aja ternyata kelamaan karena dirasa kok adonannya enggak naek, atau memang nge-mixernya udah sebentar ternyata bahan yang dimasukin salah, akhirnya malah ancur-ancuran.

Berikut ini adalah hal-hal yang menyimpang dari resep tapi untungnya masih bisa dimakan dengan terpaksa dan ada juga yang tetep enak, tapi ada juga yang sampe dibuang karena kuenya bantet banget dan engga ada yang mau makan. hikkss

1. Cake Singkong Keju

Jadi kebetulan ada singkong di rumah. Lalu browsing-browsing cari resep cake singkong keju. Kebetulan gw pernah cicipin cake ini, dan rasanya enak banget, singkongnyapun enggak berasa. Warna kue ini khas, bawah hijau dan atas kuning, lalu di atasnya masih ditaburi keju parut, ennyaakk pokoknya lah. Karena gw suka, maka gw berusaha bikinnya, tapi ternyata gagal. Cakenya bantet, gak tau deh apa yang salah. Dan sampe saat ini gw masih penasaran cara bikin cake ini. Kalau ada yang punya resepnya bagi dong kakak..😀

2.  Nastar

Waktu puasa sukses berdua kakak bikin nastar. Awalnya kita berdua udah menghayal. kalau kita sukses bikin nastar dan kue kering lainnya kita berdua bakal bikin usaha kue lebaran. Ternyata bikin nastar itu bikin kita berdua kena semper. Karena kita mesti nge-bulet-buletin nanas dan adonannya, dan sebelum nge-bulet-buletin mesti ditimbang dulu masing-masing 3gr dan 6gr. Udahannya kita berdua kecapean, lalu kakak gw yang tadinya ngayal mau berenti kerja dan mau punya usaha kue kering sama gw akhirnya mengurungkan niatnya.😛 Dan rencananya mau bikin empat jenis kue kering jadinya cuma dua jenis kue, karena udah kecapean dan eneg ngeliat adonan.😛

Kali kedua gw mau bikin nastar sendiri di rumah. Saat itu bahan yang enggak ada adalah gula halus. Besoknya gw beli gula halus di toko bahan kue. Setelah bahan-bahan lengkap bukannya langsung gw buat malah ditunda dulu. Dan saat semangat mau bikin nastar, apalagi buat Idul Adha kemarin, ternyata si gula halus malah ngilang. Lagi cari-cari gula halus gw malah nemuin gula castor. Gula kastor itu seperti gula pasir tapi butirannya lebih halus. Siipp. Ngerasa sama-sama “gula”, chef jadi-jadian ini akhirnya pake gula castor buat bikin adonan nastar. Parahnya lagi, untuk nge-mixer telur, gula dan mentega ini enggak perlu lama-lama, sebentar aja. Dan akibatnya, setelah matang nastar gw berasa ada pasirnya, yang mana pasirnya itu adalah gula castor yang belom ancur. Stupid doesn’t play = bodoh bukan main.

nastar jadi-jadian. Sebenernya ini lembuttt banget, karena gw pake butter semua, tapi karena salah masukin gula jadi berasa makan pasir.. ancurr minahh

nastar jadi-jadian. Sebenernya ini lembuttt banget, karena gw pake butter semua, tapi karena salah masukin gula jadi berasa makan pasir, udah gitu kulit nastasnya jadi enggak manis karena gulanya enggak menyatu dengan tepungnya.. ancurr minahh

3. Chocolate Chip

Kali ini masalahnya di gula lagi!. Jadi harusnya pakai brown sugar, gw malah pake palm sugar dengan alasan sama-sama berwarna coklat! Pas udah jadi hasilnya jadi coklat banget, padahal kalau di resep warnanya coklat muda. Yang harusnya dipanggang sesuai resep, gw panggang sampe 2 kali lebih lama karena pas keluar oven kuenya berasa masih letoy, padahal memang begitu. Jadi cokies ini harus didiemin dulu, nanti kalau udah dingin dia bakal mengeras dengan sendirinya. Hasilnya cokie ini jadi garing bukannya chewy seperti kata resep. Kata kakak gw “keseringan makan 900dt!m3 sih, makanya dikasih kue yang keren dikit langsung gagap. siauuull

ireng dan garing

ireng dan garing. kata tetangga enak kok, malah sampe enggak percaya kalo gw yang bikin, emang dah chef gadungan itu udah keliatan dari tampangnya..😀

4. Chocolate Cake

Ini adalah kue ulang tahun si Aisyah kemarin. Jujur, sebagai chef pemula gadungan yang sotoy, cake ini gampang banget buatnya. Untuk cholate ganachenya, berdasarkan info kakak gw, bikin aja pakai dark cooking chocolate, butter dan whipped cream, karena kalau dari resep agak-agak ribet. Kesalahan lagi, harusnya pake whipped cream, gw malah pakai cream buat bikin salad yang sama-sama produk cream yang gambarnya menara Eiffel itu. Alesan karena cream ini masih utuh di kulkas jadi daripada enggak dipake dan akhirnya expired, ya gw pake aja buat bikin ganache, sekalian ngirit. Akhirnya waktu di mixer ya creamnya enggak naik dan enggak kaku, dan setelah dihias ke cakenya gw harus baru-buru masukin ke dalam kulkas karena ganachenya bakal segera meleleh. Tapi  walaupun coklatnya meleleh-leleh, Alhamdulillah rasanya ok.

selama itu coklat pasti enak

selama itu coklat pasti enak. Ini habis di foto buru-buru dimasukin ke kulkas lagi karena takut meleleh.. hahaha

5. Red Velvet

Cream cheesenya berasa pasir dan kemanisan karena yang harusnya pake gula halus gw pake gula pasir dan kebanyakan..aarrgghhh.. Jadi, waktu cream cheese ini gw cicipi kok enggak manis ya? dan otomatis gw tambahin gula lagi dong, begitu terus sampe gw heran sendiri  kok takeran gulanya salah sih? padahal karena pake gula pasir maka saat dimixer dia enggak hancur jadi gw berasa cream cheese ini kok enggak manis. gustiii…  Kenapa ya gw selalu ada masalah dengan gula…

Lalu, apakah kapok baking lagi?

Kapok sih enggak, males iya.😀

Terus cita-cita mau punya toko kue gimana?

Tolong di-Aamiinin aja yaaaa…😀

NB : ini link untuk buat kue-kue di atas, siapa tau mau coba bikin, Insya Allah enggak susah. Sukses yaaa

nastar

chocolate chips

chocolate cake

red velvet

6 thoughts on “Chef Gadungan

  1. Sampe SMA tiap Natal pasti selalu bikin kue sama Mama. Kalo kata orang manado kukis. Bikinnya sampe 4 macem, trus takarannya sekilo. Itu ngerjainnya dari pagi sampe pagi lagi..hahaha..😀 Tapi seru, pengalaman yg selalu dirindukan..

Leave a Reply

